Keunggulan dan Kelemahan Jendela/Pintu/Kusen UPVC

Dipublikasikan oleh admin pada

jendela pintu upvc

Seiring berkembangnya zaman, hampir semua bidang juga mengalami perubahan dan perkembangan. Tidak terkecuali untuk bahan-bahan konstruksi bangunan yang terus berkembang. Salah satunya bahan bangunan yang terus berinovasi adalah bahan kusen pintu atau pun jendela. Jika sebelumnya kusen terbuat dari kayu, muncullah alternatif lain karena semakin tingginya harga jual material kayu yaitu beton cor, aluminium, dan UPVC atau unplasticised polyvinyl chloride.

UPVC adalah bahan yang berasal dari unsur minyak bumi dan garam atau disebut thermoplastik. Termoplastik sendiri merupakan bahan yang mudah lunak dan meleleh apabila terkena panas dan memiliki sifat tahan cuaca dan juga bahan-bahan kimia.

Kelebihan UPVC untuk Jendela, Pintu atau Kusen

UPVC adalah bahan yang diaplikasikan untuk pintu dan juga jendela serta memiliki beberapa keunggulan antara lain:

Ringan

Karena terbuat dari senyawa PVC, maka kusen UPVC memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan kusen kayu,kusen cor beton, bahkan kusen aluminium sekalipun.

Tahan rayap

Material kayu adalah sasaran empuk untuk rayap. Namun kusen UPVC sangat tahan akan serangan rayap karena rayap tidak memakan material yang terbuat dari plastik.

Anti bocor

Kusen UPVC biasanya memiliki saluran air khusus, sehingga tidak akan merembes ke dalam.

Anti karat

Material UPVC merupakan material yang tahan akan garam, dimana garam adalah senyawa yang dapat menimbulkan karat. UPVC adalah material yang tidak akan berkarat atau anti karat sehingga cocok digunakan untuk bangunan yang berlokasi di pelabuhan atau dekat laut.

Tahan cuaca

UPVC tidak akan mengalami proses pelapukan seperti material plastik lainnya. Terlebih lagi karena diaplikasikan untuk kusen, UPVC juga dicampur dengan bahan-bahan tertentu yang membuat warnanya tidak akan luntur atau tidak cepat pudar.

Tidak mudah terbakar

Walaupun terbuat dari bahan plastik, UPVC tidak mudah terbakar. Justru material UPVC dapat menghambat api yang menjalar.

Kedap suara

Pintu atau jendela yang menggunakan material UPVC dapat menahan kebisingan yang masuk dari luar. Hal tersebut karena terdapat double sealed terbuat dari karet EPDM yang dipasang pada bagian antara kusen dan daun pintu.

Mudah dirawat

Kusen UPVC mudah untuk dibersihkan dan tidak memerlukan perawatan khusus. Jika merasa kotor cukup dilap saja dengan kain basah.

Kelemahan UPVC

Kelemahan yang paling mencolok dari material UPVC terdapat pada kekuatannya. Walaupun terdiri dari banyak pilihan ketebalan yang berbeda-beda, pada pengaplikasiannya tetap dibutuhkan adanya tulang penyangga sebagai penahan tembok yang berat. Selain itu, material UPVC memiliki daya tahan benturan yang lemah.

UPVC adalah material yang sebenarnya sudah banyak ditemukan pada masyarakat luas. Namun penggunaan material UPVC masih terbatas yaitu untuk kusen dan daun pintu biasa saja misalnya di kamar mandi.

Kategori: UPVC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0811-3000-44
error: Content is protected !!